Monday, March 27, 2017

Trick Jitu Menghadapi Dominasi Algoritma Google Di Youtube

Berapa kali akun anda dibanned?

Kesalahan apa yang dituduhkan?

Informasi apa yang yang anda dapatkan dari tautan email yang terkirim?

Bagi saya banned ke-5 atas akun saya merupakan musibah terbesar abad ini. Saya tidak menyangka kalau hal ini akan menimpa saya saya juga. Belajar dari pengalaman yang sudah terjadi, saya belajar memperbaiki segala aktifitas saya di google. Mematuhi semua peraturan dan mentaati semua kebijakan.

Selama setahun ini, saya jaga akun saya dengan penuh hati-hati, hingga pada pada tahun 2017 ini didasbord adsense yang saya miliki  tercatat pendapatan sebesar $287.


Bagi saya ini sungguh bukan jumlah yang sedikit, mengingat perjuangan saya selama ini. Anda bisa membayangkan berapa ratus GB kuota data yang telah saya pakai selama ini. Dan berapa ratus jam waktu yang telah saya gunakan untuk optimasi.

Satu saja kelalaian yang saya buat membuat sebuah musibah dan malapetaka menimpa saya.

Atas saran teman-teman saya berinisiatif membuat sebuah blog. Mungkin maksud mulia teman-teman  di IAPD agar saya lebih optimal menuangkan ide sekaligus mendapatkan income tambahan dari hasil menulis di blog.

Dari sinilah malapetaka itu bermula. Terus terang saya sangat awam soal teknik ngeblog. Saya hanya faham menulis materi,tapi tidak faham bagaimana blog bisa diterima adsense. Site map, privacy, disclaimer, bahkan bagaimana memasang template yang baik pun saya kurang bisa.

Atas saran seorang teman, saya berinisiatif meminta bantuan untuk membuat settingan blog yang bagus dan menarik. Termasuk mengisikan kelengkapannya.

Pada awalnya, blog dan akun youtube saya baik-baik saja. Tampilan blog yang manis, mendorong banyak orang melihatnya. Lalu timbullah ide dari teman saya ini untuk mendaftarkan blog ke web master. "Agar blog terindex google", katanya

Pukul 00.30 dinihari, saya mendapatkan pemberitahuan kode konfirmasi ke akun google. Waktu itu posisi saya sudah agak mengantuk karena beberapa malam tidur menjelang pagi. Setelah itu saya tertidur dan mendapati akun YT saya sudah tidak bisa dibuka. Bahkan yang saya heran, nyaris semua produk google yang ada di perangkat saya terhapus permanen. Drive. Google Foto. Play Store,  Bahkan aplikasi media sosial di perangkat tak bisa dibuka.

Yang paling mengejutkan adalah bahwa akun YouTube saya dibanned permanen.

Rupanya teman yang menyunting blog kesulitan saat masuk. Verifikasi dua langkah yang seharusnya bisa dilakukan saat masuk web master terhalang, tapi ia tetap mencoba masuk.

Inilah yang jadi persoalan utama. Teman saya menyeting blog mengunakan perangkat yang di situ ada akun yang sudah dikaitkan dengan adsense

Saya punya seorang teman publisher adsense. Dia memiliki 200 akun google, dan dipeliharanya akun-akun itu sampai sekarang. Selama ini sejauh pengamatan saya, semua baik-baik saja. Bahkan setiap tahun pendapatannya semakin meningkat.

Apa sih rahasianya?

Iseng-iseng saya bertanya dan inilah rahasianya saya beberkan untuk anda

1. Google Mencatat informasi Pengguna dari data yang terkirim pertama kali.

Nama anda  akan tercatat secara permanen saat anda membuat akun. Data pertama itu yang digunakan google untuk memantau pergerakan dan aktifitas browsing anda. Perangkat yang anda gunakan dengan akun itu tersimpan secara baik di server google. Smart phone,komputer, atau alat apapun akan dicatat oleh google.

2. Google Mencatat Aktifitas tidak Valid Berdasarkan perangkat pengguna.

Satu perangkat dengan banyak akun sebenarnya tidak masalah. Bahkan satu perangkat dengan banyak akun adsense pun tidak masalah. Dengan catatan tidak digunakan untuk saling berinteraksi di plafon komersial. Misalnya dengan mengklik iklan. Kalau ini dilakukan, maka sudah pasti akun anda akan tewas serentak dalam satu perangkat.

3. Google Mencatat Arus Data Yang Mengalir Ke Pengguna Dengan Sangat Detail

Apa yang anda lakukan untuk menaikkan Subscriber  dan penonton  Anda?

Share ke media sosial, melakukan interaksi dengan sesama pemilik channel, melakukan komentar dengan wajar, mungkin itu yang bis anda lakukan.. Tapi melakukan semua itu di banyak perangkat secara bersamaan dan satu waktu akan membahayakan akun anda. Aktifitas tidak wajar ini akan dianggap google sebagai spaming dan akan  mengakhiri karir anda di YouTube.

4. Google menginginkan personal yang mengaku  sebagai diri anda benar-benar anda, dan bukan orang lain.

Itu terdeteksi di perangkat yang anda gunakan. Bila akun anda  ada di perangkat yang sudah ada akun lain, maka google akan mengirimkan email sebagai peringatan ke akun di perangkat yang anda gunakan.

Lalu dari fenomena ini didapatkan beberapa solusi agar akun anda tetap aman.

1. Pastikan akun utama hanya ada pada satu perangkat, andaikan ada di lain perangkat, pastikan perangkat itu ada di daftar perangkat yang anda gunakan di google.

2. Buat akun pendukung di perangkat lain, Buat dengan aman kalau perlu gunakan verifikasi dua langkah dengan nomor hp. Dan catat dalam catatan kecil bila suatu saat digunakan.

2. Reset ponsel anda setiap kali membuat akun baru. Agar Chance dan cokies yang tersimpan  benar-benar bersih.

3. Jangan buang sim card bekas anda. Kalau hanya untuk konfirmasi verifikasi dua langkah, itu masih bisa difungsikan. Bahkan anda bisa membuat ribuan akun yang nampak benar-benar nyata tanpa terdeteksi google.

4. Google tidak menyukai aktifitas yang berlebihan. Maka gunakan akun-akun cadangan anda dengan sewajarnya. Kalau sudah klik subscriber, maka satu komentar dan satu like di tiap video sudah cukup. Dan setelah itu anda bisa menghapusnya, lalu buat lagi akun baru.

5. Perangkat yang digunakan oleh anggota keluarga dan teman-teman dekat anda, adalah asset potensial untuk mensupport channel anda. Jangan ragu untuk meminta mereka agar subscribe, like dan komen di channel anda.

Bila semua trick ini anda lakukan maka google tidak akan mendeteksi aktifitas tidak Valid pada akun anda. Dan kesuksesan anda sebagai publisher adsense tampak di depan mata.

Bila anda suka atau tidak suka silahkan beri komentar sewajarnya. Informasi tambahan yang akan anda berikan akan bermanfaat bagi orang lain.

Terima kasih sudah membaca, dan Jayalah Youtuber Indonesia.

4 comments

Artikel yang sangat spektakuler

Ribuan akun gmail butuh modal gede sebab 1 sim card hanya bisa verifikasi 2 atau 3 akun gmail, selebihnya ke detect dengan pemakaian nomor yang berlebihan. Jika saja ia memakai 10 sim card, berapa biaya jajan tiap bulan hanya untuk sekedar memperpanjang masa aktif?. Hal tersebut dapat menjadi bumerang jika suatu saat google meminta verifikasi 2 langkah via sms.


EmoticonEmoticon