Tuesday, April 4, 2017

Teknik Meraih Keinginan Dengan Usaha Yang Optimal

Anak-anak TK, akan menjawab secara definitif bila mereka ditanya guru cita-citanya apa? jawaban yang umum adalah profesi yang mereka lihat dalam keseharian. Polisi, tentara, bidan, dokter, bahkan pilot dan pramugari.

Keinginan mereka hanya sebatas apa yang mereka ketahui dari apa yang mereka lihat. Mereka belum bisa berfikir bagaimana caranya mewujudkan cita-cita mereka, karena batas cakrawala berfikirnya memang belum memadahi.

Anda masih ingatkah dengan boneka Suzan besutan gadis cantik Ria Enes asal Surabaya yang  nge-hits pada tahun 90-an? Dengan lantang ia menyanyikan lagu yang syairnya, "cita-citaku kepengin jadi dokter". 
Dalam bahasan ilmu linguistik , anak-anak terobsesi dengan sesuatu yang nyata. Bahkan mereka mampu menterjemahkan setiap kahayalan dalam hal yang paling kongkrit.

Anda pernah mendengar berita seorang anak laki-laki yang terjun dari lantai 10 apartemen dengan mengenakan baju Superman? Atau seoranga anak laki-laki yang tega membunuh adiknya yang masih kecil karena ia bayangkan sebagai penjahat yang harus dibasmi?

Semua alenia di atas saya gunakan sebagai pembuka dalam pembahasan artikel saya kali ini. Saya ingin mengajak pembaca untuk berfikir logis dan systematis dalam upaya menggapai keinginan sebagai blogger sejati.

Ada slogan yang cukup populer yang akrab di telinga kita  Nothing Impossible. Tidak ada yang tidak mungkin. Kita orang dewasa, bukan anak-anak yang  ketika  memiliki keinginan bisa langsung terpenuhi hanya dengan meminta. Baik dengan cara merengek maupun dengan cara menangis. Sebagai orang dewsasa yang telah lengkap akal budinya, akan menolak hal-hal yang bersifat instant dan serba cepat. Sebab kita mampu berfikir bahwa segala sesuatu yang diupayakan pasti akan menampakkan hasil walaupun tidak kurang maksimal. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha.

Peluang seorang blogger adalah bisa membagikan ilmu sambil belajar, yang dengan itu kita akan dibayar sesuai dengan apa yang kita upayakan.Usaha yang harus kita buat, semua sudah tersedia seluruh bahannya. Kita hanya perlu mengambil dan mengolahnya sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. 


Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam merespon setiap hal. ada yang cepat menyerap, ada pula yang sangat lamban dalam mengolah informasi. Hal inilah yang mendasari para blogger berbeda dalam perolehan apresiasi oleh google. 

Menngetahui keinginan anda sejak dini sejak awal terjun di dunia blogger adalah hal yang paling utama. Sebab itu yang nanti akan mempengaruhi pola pikir anda ke depan. Terkungkung dengan hitungan-hitungan angka di adsense, tidak akan membuat anda berkembang secara intelektual. Meskipun hal itu wajar dan anda memiliki hak untuk mendapatkannya.

Saya memiki seorang teman blogger yang sangat istimewa. Membangun blog sejak 7 tahun yang lalu, dan mendapatkan gajian pertama kali sebesar $100 pada tahun yang ke tujuh. Sejak awal membuat blog, dan ditautkan ke adsense, dia tidak pernah melihat blognya sendiri, kecuali sekedar membalas komentar yang dirasa perlu. Bahkan dia lupa, sudah berapa ratus judul artikel yang telah ia buat. Dan upaya perjuangannya ternyata tidak sia-sia, hari ini dia mengantongi 8-12juta/bulan dari hasil jerih payahnya.

Di lain tempat saya juga punya kawan blogger yang hari ini telah menginjak tahun ke-tiga kesuksesannya. Dia bercerita, bahwa tahun-tahun pertama adalah tahun perjuangan bagi blogger.  Segala jenis optimasi ia buat di tahun pertama, dan memperbanyak artikel. Ditahun kedua usahanya sudah menampakkan hasil. Dan pada tahun ketiga, ia sudah menikmati gurihnya dolar adsense tiap bulan.

Banyak diantara kita, yang ngeblog baru seumur jagung. Isi blog baru belasan. Begitu blognya tertaut adsense maka rutinitasnya hanya melihat traffic dan setiap hari manthengin tabel  klik dasbord adsense.
Berapa kalipun anda lihat, angkanya tidak akan berubah kalau anda baru saja memulainya.

Pertanyaannya, apakah salah setiap hari melihat dasbord adsense?
jawabannya jelas tidak ada yang salah. Akan tetapi, seseorang yang sedang memulai pekerjaannya kemudian setiap hari bertanya pada majikan "berapa bayaran saya?" apakah itu pantas?

Tulisan ini tidak ada maksud untuk menggurui apa melarang-larang dengan apa yang anda sukai. Tapi berkarya tanpa henti adalah jalan satu-satunya yang bisa anda tempuh. Bila tidak ada halangan, suatu hari nanti anda akan memanen dari apa yang anda usahakan.

Percayalah, seiring waktu kegembiraan anda dibayar adsense itu akan datang suatu hari. Tapi tidak sekarang. Sekarang adalah saatnya kita berkarya, memperbaiki konten, berdiskusi dengan teman-teman yang searah setujuan agar apa yang kita cita-citakan terwujud.

Bermimpilah, tapi tapi wujudkan mimpi anda dengan melakukan hal-hal yang nyata agar ada sinkronisasi antara mimpi dan kenyataan. Ibarat melangkah melewati jalur yang benar akan menuntun anda ke tempat tujuan, meskipun jalan itu panjang dan berliku, licin dan berbatu. Semulus apapun jalan yang anda lalui tapi itu bukan jalur tujuan anda, sampai kapan pun anda takkan pernah sampai tujuan.

Terima kasih sudah membaca, selamat berkarya dan sukses untuk anda











6 comments


EmoticonEmoticon