Friday, March 31, 2017

Menciptakan Pencitraan Produk Pada Blog Dan Youtube

Tujuan utama iklan adalah agar orang faham dengam suatu produk.  Semakin sering iklan muncul,  maka akan semakin banyak yang mengenal produk  yang diiklankan.  Bahkan produk-produk yang terkenal pun tetap beriklan untuk menjaga image pelanggan agar tetap memakai produknnya.  Banyak macam cara untuk beriklan. Spanduk,  koran,   televisi, radio , dan internet, diyakini sebagai media yang efektif untuk beriklan.

Tiap produk memiliki ciri khas khusus atau yang disebut  Inilah yang membedakan produk satu dengan produk yang lain. Mungkin jenis dan bentuknya sama. Tapi label, kemasan. rasa, harga, dan sebagainya, tiap produk tidak akan sama.

Sebagai contoh misalnya, 

Pak Kumis dan pak Nawir adalah dua orang pedagang sioamy yang terkenal. Kedaunya memiliki produk yang sama. Jenisnya, siomay, kol, kentang, tahu, dan pare. Saus kacang yang mereka gunakan pun berbahan yang sama. Dan mereka sama-sama terkenal sebagai tukang siomay.

Tapi lihatlah perbedaan yang menyolok diantara keduanya. 

Pak Kumis terkesan pendiam dan malu-malu dalam berinteraksi dengan pelanggan.
Pak nawir sangat ramah dalam menghadapi pelanggan.

Pak kumis menyediakan menu yang standar sebagaimana pedagang siomay yang lain
Pak Nawir menambahkan jenis berupa otak-otak, tahu telor, siomay goreng, batagor.

Sambel kacang pak kumis terkesan sedikit lebih encer dan cenderung hambar.
Tapi sambel yang dibuat pak Nawir memenuhi selera  banyak pelanggan.

Ciri khas inilah yang diketahui oleh pelanggan, dan tersimpan dalam benak mereka, sehingga mereka hafal.
Dalam beberapa hal, pelanggan cenderung memilih apa yang mereka sukai, daripada apa yang mereka butuhkan.

Orang berkuliner ria memilih produk hanya dengan tiga pertimbangan. 
1. Tempat
2.. Servis
3. Masakan.

Banyak tempat kuliner yang menyediakan fasilitas untuk kenyamanan pelanggan. Toilet, jaringan wi-fy gratis, musholla, adalah salah satu fasilitas yang kadang jadi pilihan pelanggan. Banyak kita jumpai sebuah tempat makan yang produknya semua mahal, tapi pelanggannya tak pernah habis. Datang dan pergi silih berganti. Padahal masakannya tidak terlalu enak. View nya yang ada di atas perbukitan dengan pemaandangan yan indah, serta fasilitas komplit yang ada di dalamnya, itulah yang menarik minat para pelanggan untuk datang.

Kalau anda ke semarang, dan kebetulan lewat di jalan Gajah Mada, maka dari  arah pasar johar menuju simpang lima, di kiri jalan, banyak mobil-mobil mewah berjajar rapi. Ada apa gerangan di sana?
Di sana ada sebuah warung kecil di pinggir kali yang masakannya sudah terkenal di mana-mana. katanya sih menunya sangat lengkap dan tidak ada di tempat lain.


Saya pernah menjumpai seorang pengusaha kuliner yang beberapa tahun ini jatuh bangun mengelola usahanya. Ia tidak bisa mempertahankan produknya dalam waktu lama. Pindah tempat berganti produk, inilah masalahnya. Produk yang ia jual dan tidak konsisten itulah yang  membuat pelanggan bosan.

Dalam membuat konten, ada ciri khas masing-masing pemilik konten yang akan ditandai pengunjung sebagai hal yang menarik. Tiap publisher memiliki ciri khusus dalam berbagai hal. Bahasa yang digunakan, gaya yang dipakai, jenis konten yang ia buat, bahkan cara ia berkomunikasi  dengan pengunjung pun menjadi ciri khas.

Ciri khusus itu akan membuat pengunjung selalu datang lagi. Bahkan akan mencarinya setiap saat di kala ia butuh. Banyak para blogger berpengaruh yang telah mendapatkan manfaat ini. Tulisannya menjadi rujukan blogger lain dalam mencari informasi.

Hari ini banyak blogger baru bermunculan, sangat meriah dengan berbagai konten yang menarik perhatian. Tentu saja perkembangan  ini sangat positif dan dibuthkan, karena beragam informasi akan tersampaikan.
Tapi sayangnya pada para blogger baru ini sering timbul masalah. Motivasi mereka menjadi blogger bukan karena ingin berkarya, tapi tak lebih hanya soal uang. Semua ingin instan, tak perlu proses lalu dapat gajian. Coba fikirkan , gaji darimana?

Para pegawai akan mendapatkan gaji setelah mereka bekerja, dan mentaati segala peraturan perusahaan. kalau melakukan kesalahan ia akan kena sangsi.. Kalau ia bisa menunjukkan prestasi ia akan diapresiasi bahkan masuk dalam promosi jabatan. Tapi sekali lagi, itu buth proses, butuh waktu yang lama untuk sampai ke titik  itu.

Ibarat sebuah pohon, tidak ada yang ditanam langsung berbuah, kecuali anda membelinya di pasar ,pohon yang sudah berbuah, itupun hanya bisa di dalam pot dan buahnya kecil-kecil. Untuk bisa berbuah, apalagi jenis pohon yang besar, akan butuh waktu lama. 

Bagi saya, ini adalah pengetahuan  yang sangat menarik. Berproses sambil belajar dan mengembangkan konten,. bergaul dengan orang-orang yang sukses jadi publisher,  akan tertular kemampuan mereka. 

Lalu apa yang harus dilakukan?

1. Jadilah diri sendiri

Tiap orang memiliki ciri khas yang berbeda. jangan jadi orang lain. yakinkan diri, percayalah pada karya anda sendiri. orang yang menggunakan karya sendiri, biasanya sangat dinanti.

2. Engagement

Like, share, comment, follow, atau subcribe bila dalam video, adalah mutlak dilakukan. Bila anda melakukan itu di konten orang lain, pasti akan dibalas dengan kunjungan. Jangan ragu untuk menuliskan komentar, karena itu akan saling membantu.

3. Bangun komunikasi dua  arah

Kita tidak berbicara pada orang yang hanya sekedar datang dan pergi dalam kunjungan ke konten. tapi ini lebih pada  bagaimana cara membangun komunikasi.Teman-teman anda di media sosial, apalagi yang sudah ribuan, adalah asset utama traffic anda. Bila anda membangun komunikasi dari tread atau status yang anda tulis, maka ini adalah peluang besar. Anda akan jadi perhatian dan tidak tertutup kemungkinan langkah anda akan ditiru. obrolan anda secara pribadi dengan tenman-teman juga sarana tepat untuk menjalin komunikasi.

4. Buat konten yang berkualitas dan bermanfaat

Salah satu yang mendorong seseorang untuk membaca blog adalah ingin mencari informasi. Bila anda membuat konten yang informatif, maka dipastikan akan dicari. bukan anda yang meminta mereka datang, tapi mereka akann datang tanpa diminta.

5. Kemas konten anda dengan teknik kata-kata yang memikat.

Konten yang dibagikan begitu saja, tidak akan dapatkan klik yang baik. Tapi membumbui konten dengan kalimat-kalimat yang membius akan membuat mereka penasaran dan bertanya, "isinya apaan sih?". 

Ini hanya sebagian saja dari bagaimana anda membuat pencitraan terhadap konten yang anda miliki. Masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan agar konten anda dikenal dan mendapatkan banyak pengunjung. Jangan ragu untuk jadi diri sendiri. 

Terima kasih sudah membaca,  sukses untuk anda,  dan bila anda merasa konten ini bermanfaat silahkan bagi ke teman-teman anda

5 comments

Makasih mastah atas petuah nya, sangat berguna

bukan petuah.. ini nasehat buat saya sendir

Aku paling demen nih komunikasi 2 arah.. wkwkwkw.. udah kayak menjalin asmara yah mas memeth.. hahaha.. :D


EmoticonEmoticon