Wednesday, April 5, 2017

Jadi Diri Sendiri Sendiri Dan Menghargai Karya Orang Lain

Siapakah idola anda?
Bidang apa yang anda tekuni?
Apa yang anda tiru dari idola  Anda?

Sebesar apapun rasa suka dan kekaguman anda terhadap sebuah karya cipta, jadi plagilat adalah tindakan tidak terpuji. Sebab mengambil ide secara keseluruhan tanpa kompromi itu adalah tindakan yang berlawanan dengan nurani.

Bila saat ini anda sebagai publisher maka jadilah publisher yang baik. Yang bisa membangun energi satu sama lain, sehingga jadi sinergi yang saling menguatkan.  Kita hidup sebagai makhluk sosial yang keberadaannya saling ada ketergantungan. Saya tak bisa hidup tanpa anda dan sebaliknya.

Mengupayakan sesuatu secara bersama itu pasti lebih mudah daripada berusaha sendiri cara kerjanya bersama-sama tapi pada hakikatnya akan datang kepada diri sendiri.

Kembar yang identik saja pasti punya perbedaan yang sangat signifikan, bagaimana jika karya kita sama dengan milik orang lain?

Dalam hal.ini sebenarnya google sudah mengadakan kampanye besar-besaran untuk menanggulangi. Wujud dalam kebijakan perlindungan terhadap hak paten dalam karya intelektual. 

Dalam contoh kecil, dalam video, upload kita akan tertolak otomatis bila ternyata sudah ada konten yang sama. 

YouTube juga akan memberi peringatan bila ada konten kita yang sebagian atau seluruhnya mirip dengan punya orang lain. Ini semua sebagai upaya untuk mewujudkan agar setiap karya intelektual di internet tetap terlindungi dengan baik.

Lalu adalah celah buat kita yang miskin kreatifitas? Bagi anda yang tak mampu mewujudkan sendiri, maka YouTube telah menyediakan bahan sebanyak-banyaknya. 

Salah satu ladang terbaik untuk upload video adalah Editor Video YouTube.Anda boleh menggunakan semuanya dengan sesuka hati. Asal mau berusaha mencari yang benar-benar free dan bisa digunakan kembali. Dan video itu dalam wilayah domain publik.

Simak ulasan dari Bantuan Youtube mengenai Video CC di bawah ini baik-baik

"Suatu karya pada akhirnya akan kehilangan perlindungan hak ciptanya dan dimasukkan ke ranah "domain publik", sehingga dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Biasanya perlu waktu bertahun-tahun sampai suatu karya masuk ke domain publik. Jangka waktu perlindungan hak cipta berbeda-beda, bergantung pada tempat dan waktu suatu karya dipublikasikan, dan apakah karya tersebut dibuat atas permintaan, dan berbagai faktor lainnya. Sejumlah karya yang dibuat oleh lembaga pemerintah federal AS akan langsung masuk ke domain publik setelah dipublikasikan. Namun perlu diingat bahwa aturan untuk domain publik dapat berbeda-beda di negara lain.
Andalah yang bertanggung jawab untuk memverifikasi bahwa suatu karya memang berada dalam domain publik sebelum menguploadnya ke YouTube. Tidak ada daftar karya resmi yang termasuk dalam domain publik. Namun, ada sejumlah referensi online yang berguna dan dapat membantu Anda. Perpustakaan Universitas Columbia dan Pusat Informasi Hak Cipta di Universitas Cornell menawarkan panduan berguna tentang karya yang kemungkinan masuk ke domain publik. Namun, baik YouTube maupun kedua universitas tersebut tidak dapat menjamin bahwa semua karya yang ditautkan bebas dari perlindungan" hak cipta

 Yang perlu digaris bawahi adalah kalimat yang paling akhir.Namun, baik YouTube maupun kedua universitas tersebut tidak dapat menjamin bahwa semua karya yang ditautkan bebas dari perlindungan" hak cipta 

Hal inilah harus anda ketahui secara lebih detail. YouTube tidak merahasiakan apapun dalam proses pengambilan keputusan ini.

Intinya karya kita harus berbeda denga yang lain. Selain sebagai penghormatan akan.karya cipta, ini juga sebagai proteksi atas hasil jerih payah orang lain.
Semoga anda bisa mengambil pelajaran dari tulisan ini. Selamat berkarya dan sukses untuk anda.








EmoticonEmoticon