Sunday, April 23, 2017

Jangan Jadi Youtuber Instant



Kelelawar adalah hewan yang paling tajam penciumannya. Meskipun matanya rabun, apalagi di bila ada cahaya, tapi indra penciumannya mampu bereaksi mendeteksi buah yang matang dalam jarak ribuan meter. Bahkan kelelawar mengetahui buah yang benar-benar matang, atau hanya terlihat matang karena dimakan ulat.


Untuk menjadi benar-benar matang dan layak dinikmati, buah membutuhkan waktu yang sangat panjang. Bahkan untuk merencanakan buah yang berkualitas baik, semua sudah diprogram dari awal pembibitannya. Lalu perawatan setelah ditanam, dan terakhir perlakuan buah, dengan memilih  waktu yang tepat untuk memanennya.

Setelah dipanen, buah pun disortir menurut kualitasnya. Yang telah matang, setengah matang, atau yang tumbuh tidak sempurna. Untuk buah dengan kualitas prima, akan mendapatkan harga yang lebih mahal dari kelas yang ada di bawahnya. Bahkan buah dengan kualitas buruk akan disingkirkan untuk makanan ternak, atau bahkan dibuang.

Ada beberapa cara untuk memperoleh buah yang matang. Matang pohon, artinya dipanen sesuai umur. Atau dipaksa matang secara paksa. Untuk buah yang matang pohon, maka akan sangat dinikmati saat itu juga tanpa kawatir dengan kualitas rasanya. Tapi untuk buah yang diperam, bisa jadi hanya terjadi perubahan fisik, tapi rasanya tidak berubah, atau bahkan menjadi busuk dan tak bisa dinikmati.

Seorang youtuber, adalah ibarat penanam pohon buah, yang wajib memelihara tanamanya dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Butuh banyak waktu untuk mewujudkan agar pohon bisa tetap hidup dan menjadi buah. Menginginkan agar pohon tumbuh cepat dan segera berbuah adalah tindakan bodoh dan penuh resiko. Karena pohon buah yang diperlakukan dengan tidk sewajarnya, bukan hanya tumbuh tidak normal, bahkan akan mati merana.

Hari  ini banyak youtuber Indonesia yang berlaku demikian. Karena melihat orang lain yang memiliki channel yang sudah populer, viewernya banyak, mendapatkan penghasilan tetap, lalu mereka meniru agar segera bisa mewujudkan keinginannya agar sama seperti apa yang ia lihat.

Dan apa yang terjadi?

Bukannya kesuksesan yang ia dapat. Tapi karirnya di youtube malah berakhir dengan tragis.Channelnya dibanned permanen, atau akunnya dihentikan oleh google karena invalid actifity. Kita yang tergabung dalam grup IAPD setiap hari melihat dan membaca, ratusan anggota mengeluh dan mengadu akunnya telah dihentikan oleh Youtube. Kesalahannya beragam, mulai dari aktifitas yang tidak valid sampai pada teguran pelanggaran komunitas.

Padahal andai saja para anggota mau bersabar, dan terus belajar, maka kejadian seperti dibanned google takkan ada. Akan tetapi mau bagaimana lagi. Tiap orang  berbeda dalam memandang  setiap hal. Hingga sesuatu yang prinsip yang mustinya jadi pedoman, justru diabaikan.

Dalam hal apapun, memang tak mungkin dilakukan dengan serta merta. ada proses yang terus berjalan hingga seseorang sampai pada tujuan yang dkehendaki, dan itu berkaitan erat dengan waktu. untuk itulah, saat ini memang waktu yang tepat untuk kita berfikir, bahwa tidak ada apapun yang bersifat instan. Apalagi bagi  seorang youtuber, pemilik channel. 

Untuk dapat sukses, ia harus terhubung dengan banyak orang. Dengan banyak aktifitas, sehingga semakin aktif, semakin populer. Semakin kreatif, akan semakin terkenal. 

Bagaimana Caranya?

1. Mengabaikan Penghasilan

Youtuber baru yang hanya berfikir soal uang ia akan kecewa. Karena jumlah penonton, subscriber, umur channel, sangat berpengaruh dalam hal ini. Seorang pemula harus berupaya mengenalkan dirinya pada khalayak agar kontenya dikenal. Dan dari popularitasnya sebagai pemilik channel itulah, ia akan dapatkan modal untuk mendapatkan penghasilan. Keinginannya untuk bisa segera mendapatkan penghasilan itu akan melahirkan tindakan yang yang justru membahayakan channelnya. 

2. Membuat Konten Yang Menarik

Salah satu daya tarik sebuah channel adalah, isi kontenya menarik untuk ditonton. Hal-hal yang bersifat hiburan, mengundang tawa, membuat orang heran dan berdecak kagum, adalah hal utama yang harus diperhatikan. Teknik mengedit video juga termasuk dalam hal ini. Sebab video yang dibuat asal-asalan, asal comot, asal buat, atau asal upload, takkan pernah bisa menghasilkan apa-apa.

3. Menjaga Hubungan Baik  Dengan Banyak Pemilik Channel Secara Pribadi.

Sedekat apakah hubungan anda dengan pemilik channel youtube? 
Hubungan yang dekat dengan pemilik channel akan melahirkan banyak keuntungan. Orang-orang yang anda kenal dengan baik, akan dengan suka-rela menonton video anda, memberikan komentar positif, bahkan mengeklik iklan di video anda. Group-group publisher  yang ada di internet, memungkinkan anda terhubung dengan banyak orang. Dan ini adalah kesempatan anda untuk mempromosikan channel yang anda miliki. Terhubung dengan no seluler, Watshap, BBM, FB, Twitter, atau media sosial yang lain merupakan modal utama anda. Dan ini bisa anda manfaatkan keberadannya secara optimal. 

4. Memperbanyak Video

Youtuber yang sedikit videonya, tentu berbeda peluangnya dengan youtuber yang banyak videonya. Bila anda memiliki 10 Video, sementara saya memiliki 100 video, maka peluang untuk maju akan lebih besar saya. Lebih-lebih saat ini ada aturan baru dari youtube, bahwa hanya channel dengan minimal 10.000 viewer saja yang bisa memonetisasi channelnya. Kecuali channel lama yang terdaftar adsense sebelum bulan april 2017. Kalau video anda hanya satu dua saja, maka bagimana anda bisa mendapatkan viewer minimal 10.000?

5. Sabar, Mentaati Semua Pedoman Komunitas, Dan Tidak Gegabah

Kunci utama dari semua ini adalah adalah sabar.Sabar mengikuti prosesnya, sabar dalam menjalankannya, dan sabar dalam menghadapi segala kesulitan sebagai youtuber. Jangan mudah mengeluh kalau anda belum faham. Bertanyalah kepada teman yang memiliki pengalaman mengenai masalah yang anda hadapi. simak semua persoalan yang terjadi yang berkaitan erat dengan kesuksesan anda sebagai youtuber. Lalu perlahan terapkan apa yang anda dapatkan dari berbagai diskusi. 

Mentaati semua pedoman komunitas diyoutube adalah bagian yang terpenting dan tidak boleh diabaikan. Sebab kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, yang menyangkut pelanggaran komunitas, akan mengakhiri karir anda di youtube. pelajari semua artikel yang terkait dengan masalah ini. dan cobalah menghindari.

Gegabah itu tindakan sembrono. Seperti mengulang kesalahan yang sama, atau melakukan kesalahan yang anda lihat pada orang lain, dan anda malah mempraktekkannya. Menghindari hal-hal semacam ini tidak hanya menyelamatkan channel anda, tapi juga akan membuat anda lebih hati-hati dan peka terhadap segala peraturan yang berlaku.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda tidak disebut sebagai youtuber instan. Masih banyak hal lain yang layak dikupas yang berkaitan erat dengan kesuksesan sebagai youtuber.  Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca, dan sukses untuk anda. 



This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon