Wednesday, April 12, 2017

HAPUS SAJA AKUN GOOGLE ANDA



Berapa kali anda dibanned google?
Berapa akun anda yang dibatasi google untuk mengakses produknya?
Berapa perangkat yang anda gunakan untuk mengakses akun?
Ini adalah pertanyaan mendasar mengenai alasan mengapa saya menggunakan judul artikel di atas.
Sejak awal januari 2017, badai suspend terutama di channel youtube melanda para pengguna di seluruh dunia.

Group-group adsense Youtube di seluruh dunia memperbincangkan masalah ini. Bukan hanya channel baru yang kena bahkan channel Yang pernah menghasilkan Ribuan dollar tiap bulannya pun, terkena imbasnya..

Ada beberapa alasan mengapa akun pengguna bisa suspend, diterminate, atau dibanned permanen.

Pelanggaran  Ringan


Kesalahan semacam ini hanya berakibat teguran ringan dari youtube, misalnya dengan tanda dollar yang berwarna kuning, atau tanda dollar yang dicoret bagi akun yang sudah dimonetisasi. Akan tetapi bila ini dilakukan secara berulang, maka akan berujung suspend juga lama-lama.


Pelanggaran  Sedang

Kesalahan  semacam ini biasanya akan berujung pada penangguhan adsense, dalam jangka waktu minimal seminggu, dan paling lama 6 bulan. Jenis kesalahan terbanyak adalah  invalid activity berupa click iklan sendiri atau tuduhan melakukan click bertubi-tubi yang kemudian oleh mesin youtube, aktifitas ini dianggap spam, scam, atau sejenis kejahatan berupa penipuan yang akan merugikan fihak penayang iklan. 

Untuk jenis pelanggaran ini, biasanya akun youtube masih bisa diakses, dan akan kembali normal monetisasinya bila telah tiba waktu yang ditentukan. 

Kesalahan yang lain yang dibuat oleh youtuber adalah teguran komunitas. Baik berupa pelanggaran hak cipta maupun pelanggaran kebijakan privasi youtube. Bagi para pelanggar jenis ini diberi waktu 6 bulan untuk memperbaiki kesalahan. Dan bila sebelum masa waktu 6 bulan pengguna melakukan kesalahan lagi, maka akun youtube yang bersangkutan akan dihentikan secara permanen.


Pelanggaran Berat


Pelanggaran semacam ini banyak terjadi tanpa peringatan sebelumnya. Akun pengguna tiba-tiba tidak bisa dibuka begitu saja. Bahkan dengan cara apapun channel tetap tidak bisa dibuka. Tautan yang diberikan melalui email yang dikirim pun sepertinya tidak pernah mengarah pada bisa dibukanya channel kembali. Email diblokir, dan channel otomatis hangus. 

Untuk jenis pelanggaran ini biasanya email yang dikirim beserta tautannya akan menuntun pengguna untuk membaca kembali syarat dan pedoman channel serta peringatan yang dibuat. Biasanya kesalahan yang dituduhkan adalah meliputi; Konten seksual dan ketelanjangan, konten kekerasan atau vulgar, konten merugikan atau berbahaya, pelanggaran hak cipta, konten yang mengajak kebencian dan ancaman, spam, metadata yang menyesatkan dan scam.

Bila anda menerima email, dan anda di arahkan ke artikel seperti ini, itu tandanya pelanggaran yang anda buat adalah pelangaran berat. Pelanggaran terhadap komunitas dan jangan pernah berharap akun anda akan kembali. 

Berapa kali pun anda mengajukan banding, hanya akan sia-sia belaka. Memang beberapa pengguna masih beruntung bisa mendapatkan channel mereka kembali. Tapi  kebanyakan tidak bisa kembali.

Yang perlu digaris bawahi dari semua ini adalah reputasi akun. Banyak youtuber yang kurang peka dengan masalah ini。Mereka mengaupload kembali dengan perangkat yang di dalamnya terdapat akun yang pernah disuspend. Kalau ini anda lakukan, ribuan kali anda membuat akun, ribuan kali pula anda akan dibanned permanen oleh google. 


Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?
Inilah beberapa tips yang kesemuanya telah saya coba dan terapkan dalam akun saya.
  1. Bila pelanggaran yang anda lakukan hanya berupa pelanggaran ringan, maka tenang sajalah. Tunggu sampai akun anda kembali normal dan jangan coba-coba melakukan kesalahan yang sama.
  2. Pelanggaran sedang terkadang berbuntut panjang, dan berakibat anda dibanned permanen oleh Adsense. Anda bisa mengakses akun channel. Tapi fitur monetisasi telah hilang dari channel anda.Kalau sudah demikian, maka jalan satu-satunya adalah mengambil video yang anda upload dan menguploadnya di channel baru
  3. Upload kembali video anda di channel yang benar-benar bersih. Akun baru yang anda buat, atau akun lama milik anda yang benar-benar masih bersih dan bereputasi baik.
  4. Hapus akun anda yang bermasalah. Sebab buat apa anda memelihara  akun yang bermasalah, yang hanya akan menambah sampah virtual dan tidak bermanfaat bagi anda? 
  5. Sebelum anda menghapus akun secara permanen, hendaknya anda memperhitungkan data-data anda yang telah tersimpan melalui akun tersebut. Yang meliputi foto, video, transaksi keuangan dan dokumen lain yang anda anggap  penting.
  6. Google mencatat informasi melalui data yang anda berikan pertama kali melalui perangkat yang anda gunakan. Oleh sebab itu, Kembalikan perangkat anda ke pengaturan awal pabrik sebelum anda menggunakannya kembali.


Menghapus akun yang bermasalah paling tidak akan menumbuhkan harapan baru, agar anda bisa kembali berkarya tanpa rasa was-was akan banned lagi. Dengan catatan anda harus lebih berhati-hati dan tidak melakukan kesalahan anda kembali. 

Terima kasih sudah membaca dan sukses untuk anda








2 comments

Akun youtube sy juga hanya bisa menunggu sampai bisa login kembali, pasrah dengan keputusan mbah google apakah nanti di suspend atau dikembalikan akses ke akun youtube sy dan bisa berkarya lagi


EmoticonEmoticon