Thursday, March 30, 2017

Membedah Thema Besar Menjadi Ratusan Sub Thema Pada Blog

Bidang apa yang paling anda minati?  Segi apa yang paling anda fahami dari bidang itu?
Apa yang bisa anda jabarkan dari masing2 bidang itu?
Dalam hal tulis-menulis,  pertanyaan di atas akan melebarkan pembahasan dalam sebuah thema sentral.  Judul pokok yang sudah tertuang,  akan melahirkan sub2 thema yang berdiri sendiri dan lebih specifik.

Mungkin analoginya seperti memilih jurusan Kedokteran ya? Ada kedokteran hewan, dokter anak, ahli bedah, spesialis kandungan, penyakit dalam dan sebagainya. Belum lagi jurusan yang lain, akan melahirkan banyak jurusan-jurusan baru yang lebih khusus.

Contoh paling mudah misalnya, anda hendak menulis tentang tutorial mengurus sertifikat tanah. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari definisi. Buatlah pemetaah masalah dengan membuat beberapa pertanyaan. Misanya, 

-apa itu sertifikat tanah?, 
-apa kegunaannya?,
-bagaimna cara mengurusnya?
-siapa pejabat yang berwenang membuatnya?
-bagaimana caranya?
-dokumen apa yang dibutuhkan?
-siapa yang pernah mengurus sertifikat sendiri?
-siapa yang punya pengalaman mengurus lewat calo?
-berapa lama prosesnya?
-berapa biayanya?

Semua hal di atas adalah komponen penting dari sebuah informasi detail yang ingin diketahui pembaca. Maka penting bagi blogger untuk menuliskan setiap komponen itu secara rinci. Informasi tentang sertifikat dan bagaimana cara  mengurusnya, akan jadi thema utama. Misalnya dengan memberikan judul "Cara Mudah Mengurus Balik Nama dan Jual Beli Akte Tanah"


Lalu di judul yang lain anda bisa menuliskan bagian-bagian penting dari pengurusan. Dalam mengurus balik nama sertifikat, butuh kelengkapan dokumen sebagai penunjang. KTP, KK,Surat Nikah, Keterangan Lurah, dan sebagainya. Anda bisa menuliskan itu semua dalam judul yang berbeda dalam satu kesatuan tulisan. misanya, cara mengurus KTP yang hilang, Cara mengurus pembetulan KK, cara mengurus duplikat surat nikah, cara mengurus akta kelahiran yang hilang, dan masih banyak lagi.

Yang lebih utama lagi adalah bila hal itu pernah anda lakukan, lalu anda mendokumentasikan tiap moment dari proses yang anda lakukan, maka tulisan anda tidak hanya kaya akan  makna, bermanfaat, dan akan diburu para pencari informasi yang berkaitan  dengan sertifikat.

Masih banyak lagi thema yang bisa jadi pilihan anda dalam menulis blog. Banyak bidang yang anda fahami yang bisa dituangkan dan menjadi informasi pengguna yang lain. Bila setiap pengalaman yang anda alami bisa dituangkan dalam bentuk tulisan yang, serta dilakukan secara konsisten, niscaya akan banyak orang yang akan hadir di blog anda. Dan anda akan dapatkan manfaat balik.




Terima kasih sudah membaca, kalau anda rasa tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman anda.



EmoticonEmoticon