Thursday, March 30, 2017

Mengemas Video Dalam Bingkai Jurnalistik

Ada yang menarik dari ilmu jurnalistik.  Selain konsep tulisan yang tertata rapi dengan aturan baku, para jurnalis memiliki jurus jitu dalam mengemas karya mereka.  Konsep inilah yang membuat surat kabar selalu menarik untuk dibaca.  Konseo itu wujud dalam sebuah cara yang disebut strategi jurnalistik
Sebenarnya banyak hal yang bisa diambil para blogger untuk mengadopsi ini, agar hasil karya tampak hidup informatif dan menarik.

Selain tulisan yang terknsep secara baku,  para wartawan juga melakukan beberapa trik untuk menarik pembaca.  Salah satunya adalah menyampaikan hal- hal yang luar biasa,  bombastis, di luar kebiasaan dan berbeda.
Sebagai contoh pada objek Sopir.
Pemuda yang cukup umur jadi sopir itu biasa.  Tapi kalau ada anak- anak bisa nyopir itu luar biasa dan akan jadi berita.

Contoh lain dalam hal makan,  orang makan sepiring dua piring itu wajar,  tapi orang sanggup menghabiskan Nasi 10 kg itu akan jadi berita.
Menyampaikan sesuatu yang lain itu bisa jadi berita yang menarik.  Analogonya,  kalau semua orang berjalan ke arah Utara,  maka berjalanlah ke selatan,  anda akan jadi perhatian karena berbeda arah.


Masih ingat bagaimana proses pemilihan presiden Amerika beberapa waktu lalu?  Ada kelompok-kelompok tertentu yang bahkan orang yang orang amerika,dan  bukan termasuk pemilih, mereka telah mendapatkan banyak keuntungan dari moment ini. Sebagaimana dilansir oleh kompasdotcom, anak-anak remaja di kota kecil makedonia telah secara agresif membuat berita-berita bombastis untuk mendukung presiden terpilih, Donal Trumph.

Mereka mengedit berita dari dari media mainstream (baca, media resmi), dan menambahi dengan kalimat-kalimat bombastis. "publik sangat menyukai berita kami", kata salah seorang remaja berusia 16 tahun ketika diwawancari sebuah acara televisi. dan dari itu mereka meraup ribuan dolar.

Pembahasannya bukan pada materi berita mereka yang menjurus pada berita hoak. Tapi pada strategi yang mereka buat dalam tulisan mereka sehingga menarik banyak pembaca publik.

Kalau anda suka makanan kemasan yang dibeli di supermarket, cobalah sekali-kali diperhatikan kemasannya. Kadang terlihat kemasannya terkesan lebih mahal dari makanannya. Padahal yang dipakai bukan bungkusnya bukan? Hal inilah yang membuat makanan terlihat lebih menarik, lebih enak, lebih higienis dan sebagainya. 

Seorang peremuan terlihat cantik, tentu bukan karena ia terlihat secara terbuka. Tapi pakaian, sepatu, dandanan, bahkan assesoris yang dia pakai itulah  yang membuatnya terlihat cantik. 

Dalam membuat video, banyak momment langka yang bisa kita buat. Hal-hal yang baru dan aneh, yang belum  pernah ada sebelumnya, akan jadi perhatian pemirsa. Kali ini saya mencoba membuatnya dalam bingkai itu. 

Tentang seekor ayam besar di Lottemart semarang yang berkotek sepanjang waktu. Kalau di rumah, di pasar tradisional anda melihat ayam, itu wajar. Tapi kalau anda melihat ayam hidup dan berkotek di dalam supermarket, itu baru luar biasa.

Anda penasaran? Saksikan penampakannya di  di video di bawah ini.




Tentu saja, ini hanya sekedar contoh. Anda sebagai youtuber bisa mengembangkannya dengan konsep yang lebih bagus. Kita hanya perlu sedikit usaha, lalu akan dapat mengabadikan mommentnya.

Terima kasih sudah membaca dan menyaksikan video saya. sukses untuk anda

1 comments so far

kie wong bener-bener niat gawe blog, saluttt


EmoticonEmoticon