Friday, April 14, 2017

Cara Jitu Menaikkan Penonton Organik

Mungkin ada benarnya apa yang disampaikan Bayu Skak, seorang Youtuber sukses asal jawa timur. Bahwa kebanyakan pengguna Youtube indonesia adalah hanya orang-orang yang datang dan pergi. Menonton sebentar, lalu pindah ke channel lain.

Padahal uang dikehendaki Youtube adalah, agar para pengguna bisa saling berinteraksi dengan konten  masing-masing, yang dengan itu akan didapatkan keuntungan ganda.
Seandainya ia hanya penonton yang hanya mencari hiburan, ia akan dapatkan hiburan sekaligus memperoleh keuntungan dari video yang ia miliki.

Andai ia adalah pencari informasi, maka ketika ia berinteraksi di youtube, ia akan mendapatkan informasi plus pendapatan channel.

Maka itulah ada istilah Youtuber, yaitu nama bagi para pemilik channel di Youtube.
Ada benarnya juga sebuah istilah dalam bahasa arab yang artinya,"burung-burung akan terbang bersama burung yang sejenis". Yang memberikan makna bahwa seseorang akan berjalan beriringan dengan kesamaan. Kesamaan hobby dan kesamaan tujuan.

Memang tak mudah membangun interaksi yang saling menguntungkan. Karena kebanyakan orang hanya mau mendapatkan keuntungan tanpa mau berbagi.  Padahal bila ia berbagi sedikit saja, maka akan banyak keuntungan yang yang akan ia dapatkan.

Contoh yang paling sederhana ada pada para Youtuber baru. Mereka sibuk melihat channel sendiri, dan berharap videonya ada yang menonton.
Itu interaksi macam apa?

Video yang ditonton sendiri viewernya tidak akan bertambah. Yang akan terjadi mungkin malah sebaliknya, anda para penonton channel milik sendiri akan mendapatkan invalid click, karena bernafsu click  iklan sendiri.

Salah satu praktik terbaik hanya dengan berinteraksi dengan channel lain. Kepopuleran anda sebagai Youtuber akan tumbuh secara alami. Komentar anda di sebuah  channel, interaksi saling memberi penghargaan dengan suka atau tanda hati, akan membawa anda pada tingkat kepopuleran terbaik.


Kopdar Dengan Youtuber lain

Memahami betapa pentingnya kedekatan sebuah hubungan, maka hal ini sangat perlu dilakukan.
Orang-orang yang kenal secara baik, akan memberikan apresiasi yang menyenangkan. Komentar yang muncul akan membangkitkan semangat berkawan yang makin erat.

Membuat event terbatas dengan beberapa teman Youtuber, tidak hanya menarik perhatian Youtuber lain, tapi bisa jadi hasil video dari Kopdar itu akan mendunia dan disukai banyak pemirsa.

Seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu. Saya rela menempuh perjalanan 700km Semarang-Situbondo, yang memakan waktu hampir 20 jam. 

Dan hasilnya sangat luar biasa, secara pribadi kerja akun saya mengalami peningkatan yang sangat signifikan.
Saya melihat kinerja akun saya waktu itu meningkat hanya dalam waktu beberapa hari saja.
-Subscriber meningkat menjadi hampir 700 padahal sebelumnya hanya 400
-Followers  di G+ meningkat sampai hampir angka 400 padahal sebelum Kopdar hanya pada kisaran 60-an
-Profile G+ saya ditengok lebih dari 8000 orang, mungkin penasaran kali ya?
-Penonton Youtube meningkat sangat cepat, biasanya perhari hanya 300-500 viewer,setelah Kopdar dan videonya saya share, penonton channel saya rata-rata sampai 1500/hari
Dan paling menyenangkan estimate earning meningkat hampir 50% hanya dalam waktu 2 minggu saja.

Ini lah video hasil perjalanan  Kopdar saya ke Situbondo dengan seorang blogger muda yang sangat berbakat. 





Berinteraksi Dengan Pemilik Channel lain

Ini adalah dunia para publisher, dunia relasi kata tanpa suara. hubungan anda dengan para pemilik channel youtube sangat penting dalam hal ini. Menghidupkan diskusi dalam berbagai kesempatan akan sangat menguntungkan anda. 

Kehadiran anda dalam berbagai arena diskusi akan merangsang orang lain melihat diri anda. Ide-ide segar yang anda tawarkan dalam setiap forum akan menarik minat orang lain melihat profile anda, dan setelah itu, mereka akan melihat apa yang anda bagikan secara publik.

Seorang youtuber yang baik, tanpa diminta akan datang mengklik tautan anda di profile, apalagi bila anda sering berinteraksi  dengan mereka.


Kunjungi Channe Lain

Inilah hal penting yang sering diabaikan oleh  para youtuber. Berharap kunjungan datang tapi tidak pernah berkunjung. Komentar, like, share yang anda lakukan di channel lain akan dibalas dengan hal yang sama. Jangan  ragu untuk memulainya. Dan anda tak perlu menggunakan kata subback, subback.Karena bila hanya kata itu yang anda gunakan ketika berkunjung ke channel lain, komentar anda akan masuk spam.


Bagikan Konten Dengan Kalimat Yang Memikat

Pada hakikatnya, setiap share adalah promosi. Terkadang pembaca tertarik dengan kalimat pembuka yang anda buat di awal sharing. Kalimat yang anda buat akan jadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Membagikan konten begitu saja tidak akan merangsang orang melihat video anda. Pancing emosi calon penonton anda dengan melibatkan emosi mereka. Banyak hal-hal kecil yang bisa anda ungkapkan. Misalnya anda akan membagikan video tentang music DJ, maka beberapa pertanyaan  beserta jawabannya akan jadi daya pikat tersendiri bagi video anda.

Misalnya, Anda suka Clubbing?, Ini adalah sebuah video DJ yang layak anda nikmati di rumah serasa di club malam.dan sebagainya.


Kesimpulan
Paling tidak, tiga hal di atas akan jadi pilar bagi channel anda untuk mendapatkan penonton organik. 
Relasi anda di berbagai media sosial pun, sangat berpotensi menaikkan jumlah penonton anda. 
Jadi, kalau anda seorang youtuber, semua  uraian di atas bisa anda coba. Saya sudah membuktikannya, sekarang tinggal anda yang harus melakukan. 

Semoga ulasan singkat mengenai Cara Jitu menaikkan Penonton Organik ini berguna bagi anda.
Terima kasih sudah membaca, dan sukses untuk anda.


EmoticonEmoticon