Sunday, April 2, 2017

Tips Jitu Mengatasi Kejenuhan Saat Ngeblog

Berapa waktu yang anda gunakan untuk duduk  di depan komputer setiap harinya?


Teknik apa yang anda terapkan dalam menulis artikel di blog?


Apa yang sudah anda dapatkan selama ini?


Bagaimana sambutan para pengunjung blog anda?


Dalam segi finansial,  apa yang sudah anda capai dari hasil ngeblog?


Beberapa pertanyaan di atas,  cukuplah sebagai kalimat pembuka, untuk menggali akar masalah yang timbul saat ngeblog.


1. Waktu yang dihabiskan


Seringkali para blogger abai dengan masalah ini.  Sehari semalam ia gunakan nonstop untuk duduk di depan komputer.  Ide yang ada tapi tidak dirumuskan secara terencana,  sering membuat para blogger terlena.  Membuka bersama beberapa jendela komputer sekaligus, akan membuat ngeblog jadi tidak focus. Notifikasi di setiap jendela yang terbuka membuat ngeblog pecah konsentrasi.  Satu sisi ingin menyelesaikan artikel,  sisi yang lain ingin berpartisipasi di jendela yang lain.  Hal ini tentu saja tidak efektif. Anda akan terjebak dalam kegiatan yang tidak focus, dan mengakibatkan waktu anda terbuang sia-sia


2. Gunakan Teknik Secara efektif


Seringkali kita membaca tread seorang kawan di IAPD,  "mau nulis apa ya? " . Bagaimana bisa anda berperang tanpa amunisi? 
Sudah semestinya,  materi yang ingin ditulis,  dicatat terlebih dahulu dalam selembar kertas. Lalu dipetakan dengan pertanyaan dan uraikan.  Mengenai bagaimana menguraikannya,  berkunjunglah ke blog yang lain.  Ketikkan saja di search engine kata yang hendak anda cari yang merupakan komponen dari artikel anda.  Ambil intinya,  dan terapkan dalam artikel anda.  Kalau hal ini tidak dilakukan mustahil anda akan dapatkan bahan yang memadahi.


3. Mengundang pengunjung blog dengan cara yang lazim


Jangankan blogger pemula, para blogger senior pun seringkali galau dengan jumlah pengunjung.  Kegalauan mereka terlukis dari tread-tread yang mereka tulis di group IAPD,  berkenaan dengan turunnya traffic yang berujung pada minimnnya penghasilan.


Menerapkan teknik SEO dan bersaing secara ketat dengan blog lain,  agar bisa menduduki serp pertama di page one google adalah yang lazim mereka gunakan.  Bahkan sharing di tempat- tempat basah dan strategis dan basah juga mereka lakukan. 


Itu semua sudah dibuat pun belum juga membuat puas,  karena  pengunjung tetap tidak datang seperti yang diharapkan.


4. Sambutan pengunjung


Di media sosial manapun kita pasti melihat ada blog yang dibagikan dengan berbagai thema. 


Sayangnya, karena konten itu disharing begitu saja,  terlihat kurang menarik, sehingga diabaikan begitu saja oleh pengguna lain.  Yang sudah kenal saja kita cuek,  apalagi yang tidak kenal?
Sudah barang tentu hal ini akan mempengaruhi semangat pemilik konten, dan membuatnya jenuh.


5. Hasil kurang memuaskan


Untuk plafond yang belum dimonetasi  mungkin hal ini tidak terlalu terpengaruh.  Tapi bagi yang sudah ditautkan adsense,  hal ini memiliki dampak kejiwaan secara serius.

Melihat secara terus menerus pergerakan dollar di estimate earning setiap harinya,  tidak akan membantu anda meningkatkan  pendapatan.  Melihat hasil akan membuat putus asa, karena seperti melihat jerih payah yang sia-sia.


Kalau lima hal diatas ada pada  diri anda,  sudah dipastikan anda akan mengalami putus asa,  depresi,  lelah, mengalami kemandegan berfikir,  putus asa,  dan patah semangat.


Tapi jangan kawatir,  beberapa tips di bawah ini mungkin mampu mengobati luka hati anda.  Dan saat kembali nanti akan ada semangat baru untuk ngeblog lagi.


1.Lakukan relaksasi


Simpan file,  dan tutup computer anda.  Berjalanlah keluar ruangan, agar dunia terlihat lebih luas.  Berada di depan komputer berjam-jam membuat dunia terlihat sempit.


Berdirilah di tempat lapang dan terbuka,  lakukan peregangan secara perlahan.  Atur nafas dengan menarik dan menahannya dalam beberapa detik, dan keluarkan pelan-pelan.


Lakukan olah raga ringan,  memutar kepala,  jogging,  atau menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.  Setelah itu minumlah teh hangat atau air putih,  niscaya energi anda akan terkumpul kembali.


2.Dengarkan Musik


Pasang headset  di telinga anda,  putarlah musik kesukaan anda. 
Menurut hasil penelian para pakar, musik mampu menstimulus otak dan perasaan hingga membuat pendengar menjadi lebih rileks.

Disarankan memutar musik yang slow,  seperti jazz,  pop melankolis, ataupun musik klasik seperti karya Bathhoven, Kitaro,  dan sebagainya.  Bahkan tembang- tembang bernuansa etnik seperti lagu campur Sari,  atau lagu batak diyakini mampu memperbaharui mood anda.


3. Luangkan waktu sejenak bersama keluarga


Bagi yang sudah beristri,  sejak anda ngeblog,  sudah berapa minggu anda tidur larut malam,  bahkan menjelang pagi?


Tempat tidur anda jadi dingin sekarang.  Tidak ada waktu menciptakan kehangatan bersama sejak anda duduk serius di depan komputer.  Cobalah datangi istri anda,  lakukan aktifitas percintaan anda di atas ranjang,  lalu lihatlah keajaiban yang terjadi pada keesokan harinya.  Anda akan terbangun dengan kesegaran jasmani dan rohani yang sangat prima.


Ajak keluarga anda piknik ke luar kota, atau paling tidak ajak mereka untuk menikmati makan malam di suatu tempat.  Bangun lagi komunikasi dengan mereka. 


Alakah anda masih ingat,  sejak anda sibuk membuat artikel sudah berapa kali anda bertanya tentang keadaan mereka? Tanyakan sekolahnya,  tanyakan aktifitasnya, lakukan perbincangan dengan anak-anak pada hal-hal yang mereka senangi.


Setelah ini semua dilakukan,  tidak mustahil ide-ide cemerlang akan datang. Dan anda sudah siap ngeblog lagi.


4. Lakukan Komunikasi dengan teman-teman lama anda


Hubungi mereka,  ajak lakukan aktifitas bersama.  Memancing,  berenang,  climbing barang sehari dua hari akan mendatangkan banyak ide baru dan mengatasi kejenuhan


5.Jangan terlalu focus dengan hasil


Ini memang penyakit yang mendarah daging.  Tidak senior tidak pemula,  semua sama saja.  Terfocus pada hal-hal yang masih dalam proses.  Memang tidak dipungkiri,  uang adalah salah satu pemicu seseorang terjun ke dunia blogger.  Akan tetapi bila fokusnya hanya ke situ saja,  tentu karya akan terabaikan. 


Kalau saya,  secara pribadi,  sudah tidak berfikir tentang itu.  Saya terus menulis dan menulis sampai ide saya habis.  Bahkan setelah mendaftar adsense dan disetujui,  saya tidak pernah lagi membukanya sampai ada email verifikasi bahwa hasil yang saya capai sebagai publisher adsense,  telah sampai pada ambang pembayaran.


Itu adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat ngeblog.  Masih banyak cara yang lain yang bisa dilakukan,  dan takkan habis bila ditulis.


Semoga uraian ini bermanfaat,  dan anda akan bersemangat lagi dalam menulis artikel dengan ide yang menderas.


Terima Kasih sudah membaca,  sukses untuk anda.


EmoticonEmoticon