Tuesday, March 28, 2017

Trick Jitu Jadi Blogger Sukses

Menjadi blogger mungkin menjadi impian banyak orang.  Apalagi kalau sudah melihat para pendahulu  yang bisa mengantongi diut ribuan dolar tiap bulannya.

Lalu mulailah timbul keinginan untuk menjadi blogger.  Satu dua artikel ia tulis.  Apa sajalah yang penting nulis.  Waktu berjalan,  yang ia tulis bahkan tak mendatangkan hasil apapun.  Sering di depan komputer,  jari menyentuh tuts keyboard,  tapi ide tak pernah datang.  Sampai-sampai ia nulis status di medsos "pengen nulis apa ya?" atau "pengen bikin artikel,  tapi apa ya? "

Weh weh weeh...  Bloger macam apa ini?  Padahal seorang blogger dituntut untuk selalu update artikel agar kontenya berkembang.  Kalau baru mulai saja sudah mandeg,  apa kata dunia?

Sebenarnya  bahan untuk menulis itu banyak kok. Kalau kita sedikit perhatian saja,  banyak thema yang bisa kita buat bahan tulisan. Tapi syaratnya memang bukan sekedar keinginan,  tapi kefahaaman kita pada sebuah objek.

Menuliskan sesuatu yang kita fahami itu akan lebih mudah mengalirkan ide. Kalau karya kita sudah jadi,  maka akan muncul ide yang lain.  Hal ini tentu berbeda dengan orang yang nulis tapi sekedar menulis, itu takkan menghasilkan apa-apa selain penyaluran hoby.

Di blog itu ada spesifikasi yang disebut label.  Label itu seperti ciri khusus yang ada pada sebuah blog,  yang dikelompokkan dalam berbagai kategori.  Misalnya tutorial, motivasi,  kesehatan, kebugaran, teknologi, informasi  dan masih  banyak lagi.

Yang perlu diperhatikan oleh para blogger pemula adalah minat,  bakat,  dan kecenderungan anda.  Semuanya harus sinkron dalam satu paket keinginan.  Agar tulisan anda nanti bisa fokus dalam satu thema. 

Berikutnya adalah menulis sesuatu yang difahami.  Untuk hal ini anda tidak perlu menggunakan biaya mahal untuk menentukan niche blog. 

Anda mungkin pernah membaca seorang blogger kenamaan dunia yang bernama Nick-Moosey,  ini adalah dua bersaudara dari keluarga sederhana.  Kencintaannya terhadap bunga dengan cara merawatnya dengan baik,  lalu menuliskan aktifitasnya di blog yang mereka miliki telah menghantar nama mereka menjadi blogger yang sukes.  Karyanya telah terposting jutaan di internet dan menjadikan mereka berdua jadi buah bibir di kalangan blogger dunia.

Ada lagi,  Dave Taylor seorang pria sederhana yang ahli dalam bidang mekanik. Ia menuliskan pengalamanya dalam dalam blog, dan dari hasil karyanya itu membuatnya sukses.  Saat ini ia hanya kerja di rumah,  dan waktunya dihabiskan bersama anak-anaknya.

Mulailah sekarang menentukan niche blog dengan sesuatu yang difahami. Jangan hanya sekedar menulis kalau anda tidak ingin bosan.

Saya juga hoby menulis,  di masa lalu saya hanya membuat tread di media sosial.  Tapi saat ini saya juga sedang dalam proses mengelola blog.  Mencoba menuliskan apa yang saya fahami.  Dan berharap pengalaman ini akan bertambah seiring waktu. 

Terima Kasih sudah membaca,  semoga menginspirasi .. Dan jayalah Blogger Indonesia

3 comments

Bagus Mas Memeth, sangat menginspirasi dan kaya konten. Semakin antusias belajar banyak hal kaitannya blogging. :)

Sebuah motivasi bijak yang luar biasa, lanjutkan pak, dan semoga sukses selalu.. amiiin.


EmoticonEmoticon